Monday 3 August 2015

Pengertian Strategi Pembelajaran Ekspositori


Salam pendidikan,, teman-teman tentunya sudah tau apa itu strategi pembeljaran eskpositori. Nah  pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda untuk mengetahui pengertian strategi ekspositori, serta akan saya tuliskan pula karakteristik pada strategi ekspositori. Hal ini saya tuliskan karena pembelajaran dengan menggunakan strategi ini dirasa cocok untuk digunakan oleh seorang guru karena strategi ini memang berpusat pada guru.

Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok peserta didik dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Pada strategi pemebelajaran eksopsitori ini peserta didik tidak dituntut untuk menemukan materi akan tetapi meteri pelajaran seakan-akan sudah jadi. Oleh karna itu pada strategi ini lebih menekankan kepada proses bertutur. 


Strategi pembelajaran ekspositori merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru ( teacher centered approach ). Dapat dikatakan erorientasi pada guru karena dalam strategi ini guru memegang peran yang sangat dominan. Melalui strategi ini guru menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai eserta didik dengan baik.

Strategi pembelajaran ekspositori akan efektif manakala digunakan :

1.      Guru akan menyampaikan bahan-bahan baru yang berkaitan dengan yang akan disampaikan peserta didik dan harus dipelajari peserta didik ( overview). Pada strategi ini biasanya bahan atau materi baru itu diperlukan untuk kegiatan-kegiatan khusus. Oleh sebab itu, materi yang disampaikan adalah materi-materi dasar seperti konsep-konsep tertentu, prosedur atau rangkaian aktivitas.

2.      Guru mengiginkan agar peserta didik dapat mempunyai kemampua intelektual tertentu.

3.      Jika bahan pelajaran yang akan diajarkan cocok untuk dipresentasikan.

4.      Strategi ini baik digunakan jika ingin membangkitkan keinginan peserta didik tentang topik tertentu. Misalnya, materi yang bersifat pancingan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik

5.      Guru menginginkan untuk mendemonstrasikan suatu teknik atau prosedur tertentu untuk kegiatan praktik.

6.      Apabila seluruh peserta didik memiliki tingkat kesulitan yang sama, sehingga guru perlu menjelaskan untuk seluruh peserta didik.

7.      Strategi ini cocok juga digunakan abaila guru menemukan peserta didik yang rata-rata memiliki kemampuan rendah.


Nah demikian pembahasan tentang pengertian dari pengertian eksositori, semoga akan menjadi referensi bagi anda untuk dapat menambah wawasan pengetahuan khususnya pada pada pendidik baik guru, dosen serta orang tua juga. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment