Salam pendidikan,, teman-teman tentunya sudah
tau apa itu strategi pembeljaran eskpositori. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda
untuk mengetahui pengertian strategi ekspositori, serta akan saya tuliskan pula
karakteristik pada strategi ekspositori. Hal ini saya tuliskan karena pembelajaran
dengan menggunakan strategi ini dirasa cocok untuk digunakan oleh seorang guru
karena strategi ini memang berpusat pada guru.
Strategi pembelajaran ekspositori adalah
strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara
verbal dari seorang guru kepada sekelompok peserta didik dengan maksud agar
peserta didik dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Pada strategi
pemebelajaran eksopsitori ini peserta didik tidak dituntut untuk menemukan
materi akan tetapi meteri pelajaran seakan-akan sudah jadi. Oleh karna itu pada
strategi ini lebih menekankan kepada proses bertutur.
Strategi pembelajaran ekspositori merupakan
bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru ( teacher
centered approach ). Dapat dikatakan erorientasi pada guru karena dalam
strategi ini guru memegang peran yang sangat dominan. Melalui strategi ini guru
menyampaikan materi pembelajaran secara terstruktur dengan harapan materi
pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai eserta didik dengan baik.
Strategi pembelajaran
ekspositori akan efektif manakala digunakan :
1.
Guru akan menyampaikan
bahan-bahan baru yang berkaitan dengan yang akan disampaikan peserta didik dan
harus dipelajari peserta didik ( overview). Pada strategi ini biasanya
bahan atau materi baru itu diperlukan untuk kegiatan-kegiatan khusus. Oleh
sebab itu, materi yang disampaikan adalah materi-materi dasar seperti
konsep-konsep tertentu, prosedur atau rangkaian aktivitas.
2.
Guru mengiginkan agar
peserta didik dapat mempunyai kemampua intelektual tertentu.
3.
Jika bahan pelajaran yang
akan diajarkan cocok untuk dipresentasikan.
4.
Strategi ini baik digunakan
jika ingin membangkitkan keinginan peserta didik tentang topik tertentu.
Misalnya, materi yang bersifat pancingan untuk meningkatkan motivasi belajar
peserta didik
5.
Guru menginginkan untuk
mendemonstrasikan suatu teknik atau prosedur tertentu untuk kegiatan praktik.
6.
Apabila seluruh peserta
didik memiliki tingkat kesulitan yang sama, sehingga guru perlu menjelaskan
untuk seluruh peserta didik.
7.
Strategi ini cocok juga
digunakan abaila guru menemukan peserta didik yang rata-rata memiliki kemampuan
rendah.
No comments:
Post a Comment