Monday 3 August 2015

Hal Yang Harus Dipahami Dalam Penggunaan Strategi Ekspositori



Salam pendidikan, setelah sebumnya membahas pengertian ekspositori, selanjutnya pada kesempatan ini saya akan menguraikan tentang hal apa saja yang harus dipahami dalam menggunakan strategi pembeljaran ekspositori.

Demikian tiga poin penting yang harus diperhatikan seorang guru ketika akan menggunakan strategi ekspositori

Strategi ekspositori merupakan strategi yang berorientasi pada guru ( teacher centered approach ). Maka dari itu sebelum menggunakan strategi ekspositori seorang guru harus mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga nantinya seorang guru tersebut dapat menggunakan strategi sesuai prosedur yang ada dan penggunaan strategi ekspositori yang digunakan guru dapat berjalan dengan baik. Langsung saja saya akan menguraikan beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap guru yang hendak menggunakan strategi ekspositori yaitu sebagai berikut :

1.      Rumuskan tujuan yang ingin di capai
Pada tahapan pertama yaitu merumuskan tujuan. Merumuskan tujuan merupakan langkah pertama yang harus dipersiapkan guru. Tujuan yang ingin dicapai sebaiknya dirumuskan dalam bentuk perubahan tingkah laku yang spesifik yang berorientasi kepada hasil belajar. Peran dalam merumuskan tujuan sangat penting karena dengan rumusan tujuan yang jelas nantinya akan terlihat pula hasil seperti apa yang hendak dicapai.

2.      Kuasai materi pelajaran dengan baik
Pada tahapan kedua yang harus diperhatikan yaitu penguasaan materi. Dalam penguasaan materi mejadi syarat mutlak dalam penggunaan strategi ekspositori. Penguasaan materi yang sempurna akan membuat kepercayaan diri guru meningkat, karna dengan begitu seorang guru akan lebih merasa lebih pintar daripada peserta didik, sehingga guru akan lebih mudah mengelola kelas, akan lebih bebas bergerak, berani menatap peserta didik dan guru tidak akan takut dengan perilaku peserta didik yang dapat mengganggu jalannya proses pembelajaran.

3.      Kenalilah medan dan hal-hal yang mempengaruhi proses penyampaian
Pada tahapan ketiga yaitu mengenali lapangan atau medan hal ini menjadi penting karna lapangan atau medan merupakan tempat yang akan dilalui seorang guru sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat berjalan sesuai yang telah dirumuskan. Medan yang baik memungkinkan guru dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu proses penyajian materi pelajaran. Pada tahap medan ini dapat diartikan sebagai kondisi ruarangan, baik yang menyangkut luas dan besarnya ruangan, pencahayaan, posisi tempat duduk, dan kelengkapan ruangan tersebut. Kemudian bisa juga diartikan latar belakang audiens yaitu peserta didik yang akan menerima materi. 

       Demikian  tiga poin penting yang harus dipahami guru semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment