Salam pendidikan, setelah
sebumnya membahas pengertian ekspositori, selanjutnya pada kesempatan ini saya
akan menguraikan tentang hal apa saja yang harus dipahami dalam menggunakan
strategi pembeljaran ekspositori.
Demikian tiga poin penting
yang harus diperhatikan seorang guru ketika akan menggunakan strategi
ekspositori
Strategi ekspositori merupakan
strategi yang berorientasi pada guru ( teacher centered approach ). Maka
dari itu sebelum menggunakan strategi ekspositori seorang guru harus mengetahui
beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga nantinya seorang guru tersebut
dapat menggunakan strategi sesuai prosedur yang ada dan penggunaan strategi
ekspositori yang digunakan guru dapat berjalan dengan baik. Langsung saja saya
akan menguraikan beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap guru yang hendak
menggunakan strategi ekspositori yaitu sebagai berikut :
1.
Rumuskan tujuan yang ingin
di capai
Pada
tahapan pertama yaitu merumuskan tujuan. Merumuskan tujuan merupakan langkah
pertama yang harus dipersiapkan guru. Tujuan yang ingin dicapai sebaiknya
dirumuskan dalam bentuk perubahan tingkah laku yang spesifik yang berorientasi
kepada hasil belajar. Peran dalam merumuskan tujuan sangat penting karena
dengan rumusan tujuan yang jelas nantinya akan terlihat pula hasil seperti apa
yang hendak dicapai.
2.
Kuasai materi pelajaran
dengan baik
Pada
tahapan kedua yang harus diperhatikan yaitu penguasaan materi. Dalam penguasaan
materi mejadi syarat mutlak dalam penggunaan strategi ekspositori. Penguasaan
materi yang sempurna akan membuat kepercayaan diri guru meningkat, karna dengan
begitu seorang guru akan lebih merasa lebih pintar daripada peserta didik,
sehingga guru akan lebih mudah mengelola kelas, akan lebih bebas bergerak,
berani menatap peserta didik dan guru tidak akan takut dengan perilaku peserta
didik yang dapat mengganggu jalannya proses pembelajaran.
3.
Kenalilah medan dan hal-hal
yang mempengaruhi proses penyampaian
Pada
tahapan ketiga yaitu mengenali lapangan atau medan hal ini menjadi penting
karna lapangan atau medan merupakan tempat yang akan dilalui seorang guru
sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat berjalan sesuai yang telah
dirumuskan. Medan yang baik memungkinkan guru dapat mengantisipasi berbagai
kemungkinan yang dapat mengganggu proses penyajian materi pelajaran. Pada tahap
medan ini dapat diartikan sebagai kondisi ruarangan, baik yang menyangkut luas
dan besarnya ruangan, pencahayaan, posisi tempat duduk, dan kelengkapan ruangan
tersebut. Kemudian bisa juga diartikan latar belakang audiens yaitu peserta
didik yang akan menerima materi.
Demikian tiga poin penting yang harus dipahami guru semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment