Sunday 9 August 2015

Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Peer Lesson Dalam Pembelajaran Matematika




Salam pendidikan,, Teman-teman tentunya masih ingat dengan strategi pembelajaran  peer lesson, dimana strategi pembelajaran ini strategi yang dapat membuat peserta didik aktif dan juga menyenangkan. Berikut ini akan saya paparkan faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi peer lessons dalam pembelajaran matematika.

1.    Faktor Pendukung
Faktor pendukung dalam penerapan strategi peer lessons dalam pembelajaran matematika yaitu

a.    Guru
Pengetahuan seorang terhadap strategi peer lessonsakan sangat mempengaruhi keberhasilan penerapan strategi peer lessons. Pengetahuan yang dimilikanya akan menjadi kunci dalam penerapan strategi peer lessons dalam pembelajaran matematika.

b.    Peserta didik
Keadaan siswa yang aktif dapat mempengaruhi terhadap strategi peer lessons, karena strategi peer lessons ini merupakan strategi pembelajaran aktif. Untuk itu siswa menjadi faktor penjukung jika kondisi peserta didik yang aktif sehingga akan menetukan keberhasilan penerapan peer lessons.

c.    Waktu
Pemilihan waktu yang sesuai akan menjadi faktor pendukung keberhasilan penerapan strategi peer lessons, seperti waktu yang digunakan pada saat pembelajaran mendapatkan waktu 2 X 35 menit.

Artikel Terkait : Review Novel Laskar Pelangi

2.    Faktor penghambat

Faktor penghambat dalam menerapkan strategi peer lessons dalam pembelajaran matematika yaitu:

a.    Guru
Ketika seorang guru kurang memahami tentang strategi peer lessons akan mempengaruhi keberhasilan penerapan strategi peer lessons dalam pembelajaran matematika.

b.    Siswa
Kecerdasan siswa yang kurang dan kondisi siswa yang tidak aktif akan mempengaruhi dalam menerapkan strategi peer lessons. Karena dalam strategi ini merupakan strategi belajar dari teman yang nantinya peserta didik akan membelajarkan materi kepada temannya.

c.    Waktu
                  waktu menjadi penghambat jika jam pelajaran hanya mendapat 1 jam saja.


Nah itu tadi telah dijelaskan faktor pendukung dan penghambat dari strategi peer lessons semoga dengan postingan ini bisa bermanfaat bagi anda yang akan menerapkan strategi ini dalam pembelajaran matematika.

Baca juga

1) Cara Hack Symbian
2) Belajar Gitar Melodi

No comments:

Post a Comment