Friday 7 August 2015

Langkah-Langkah Strategi Pembelajaran Ekspositori




Salam pendidikan,, terimakasih masih berkunjung di blog ini. Teman-teman pada kesempatan ini saya akan membahas tentang langkah-langkah dalam penerapan strategi ekspositori. Langkah-langkah disini berarti suatu tahapan-tahapan dalam menjalankan strategi ekspositori yaitu meliputi persiapan (preparation), penyajian (presentation), penghubungan (correlation), penyimpulan (generalization), dan penerapan (application).

Artikel terkait : Keren Nokia 3310 Kini Sudah 4G

Nah teman-teman langsung saja kita bahas kelima langkah dalam strategi ekspositori tersebut :

1.      Persiapan (preparation)
Pada tahap yang pertama yaitu persiapan, tahap ini menjadi sangat pentang pada strategi ekspositori, karena keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan strategi ekspositori ini sangat tergantung pada tahap persiapan. Pada tahap persiapan ini mempunyai tujuan yaitu mengajak peserta didik keluar dari kondisi mental yang pasif, membangkitkan motivasi dan minat peserta didik untuk belajar, merangsang dan menggugah rasa ingin tahu peserta didik, serta menciptakan suasana dan iklim pembelajaran yang terbuka.

2.      Penyajian (presentation)
Pada langkah kedua yaitu penyajian, tahap penyajian ini merupakan langkah penyampaian pelajaran sesaui dengan persiapan yang telah dilakukan. Hal yang harus dipikirkan pada tahapan ini yaitu bagaimana agar materi pelajaran dapat dengan mudah ditangkap dan dipahami oleh peserta didik. Perlu diingat juga pada tahapan ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sorang guru yaitu penggunaan bahasa, intonasi suara, menjaga kontak mata dengan peserta didik.

3.      Penghubungan (correlation)
Pada langkah ketiga yaitu penghubungan, tahap ini merupakan langkah menghubungkan pelajaran dengan pengalamanpeserta didik atau dengan hal-hal lain yang memungkinkan peserta didik dapat menangkap keterkaitanya dengan struktur pengetahuan yang telah dimilikinya.

4.      Penyimpulan (generalization)
Pada langkah ke empat yaitu penyimpulan. Pada langkah ini yaitu tahapan untuk memahami inti dari materi pelajaran yang telah disajikan. Langkah menyimpulkan merupakan langkah yang sangat penting dalam strategi ekspositori, sebab melalui langkah ini peserta didik akan dapat mengambil intisari dari proses penyajian.
Menyimpulkan bisa dilakukan dengan beberapa cara pertama yaitu dengan cara mengulang kembali inti-inti materi yang menjadi pokok persoalan, dan cara yang kedua yaitu dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang relavan dengan materi yang telah disajikan, dengan harapan peserta didik dapat mengingat kembali keseluruhan materi pelajaran yang telah dibahas.

5.      Penerapan (application)
Tahap terakhir yaitu langkah penerapan, langkah ini tugas guru mengumpulkan informasi tentang penguasaan dan pemahaman materi pelajaran peserta didik. Maksud dari tahap ini yaitu langkah unjuk kemampuan peserta didik setelah mereka menyimak penjelasan guru.

Nah, diatas telah dijelaskan langkah-langkah strategi ekspositori semoga bermanfaat. Amin
BACA JUGA 
1) DAFTAR LAGU BARAT TERBARU

No comments:

Post a Comment