Monday 30 March 2015

PEKERJAAN MULIA SEORANG GURU



Pada dasarnya seorang guru merupakan orang yang dapat mengajarkan orang lain, sehingga orang tersebut dapan mendapatkan wawasan yang lebih dari sebelumnya. Jika ada suatu pertanyaan apakah menjadi seorang guru merupakan tugas mulia ??? maka jawabannya sudah tentu mulia bahkan bisa jadi sangat mulia. Kenapa demikian ???

Ada beberpa hal dari pekerjaan guru yang sangat mulia yaitu akan saya bahas di bawah ini
1.    Seorang guru merupakan pekerjaan mulia karena seorang guru sudah jelas pekerjaannya membantu orang lain menjadi bisa, artinya orang yang tadinya tidak mengetahui akan menjadi tahu, yang tadinya tidak mengerti jadi mengerti. Itulah mulianya seorang guru mungkin dapat kita artikan bahwa cinta guru itu tak berujung kepada siswa/i nya. Bagaimana tidak, karna seorang guru akan terus mengajar, mendidik, membimbing sampai siswa/i nya bisa dan lulus.

2.    Pekerjaan seorang guru dapat dikatakan mulia dikarenakan seorang guru merupakan seorang sosok orang tua di sekolah. Kalau kita kaji peran orang tua terhadap anaknya yaitu membelajarkan dengan penuhkasih sayang, mengarahkan anaknya ke arah yang baik dan benar,mendoakan agar menjadi anak yang baik dan lain-lain. Hal ini juga dilakukan oleh seorang guru di sekolah yang tugasnya menjadi orang tua bagi siswa/i. Memang sangat berat peran dari seorang guru  dirumah menjadi orang tua bagi anaknya di sekolah menajdi orang tua bagi anak-anak orang lain. Akan tetapi jika pekerjaan ini dilakukan dengan rasa ikhlas untuk mendapatkan ridho Allah makan ini merupakan pkerjaan yang sangat mulia.

3. Pekerjaan guru karena seorang guru tidak henti-hentinya mencari ilmu dan ilmu tersebut di transferkan kepada siswa/i nya. Karna pada dasarnya ada beberapa hadis yang menerangkan bahwa menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim, hadis lain “ tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”, dan ada juga  “tuntut lah ilmu dari buayan sampai ke liang lahat. Dari beberapa hadis tersebut dapat diraih dari pekerjaan menjadi seorang guru yaitu tadi seorang muslim harus menuntut ilmu kemudia seorang mu’min diwasiatkan untuk mencari ilmu sejauh mungkin walau sampai ke negeri cina dan bisa lebih jauh lagi bahkan sampai liang lahat. Hal ini ada pada diri seorang guru jika seorang guru tersebut mempunya rasa haus selalu akan ilmu, dan yang demikan akan menjadi mulia

Nah teman-teman itulah tadi diatas uraian singkat tentang betapa mulianya menjadi seorang guru, semoga jika anda sekarang telah menjdi sorang guru, jadilah seorang guru yang ikhlas dalam menjalankan sesuatu, sehingga apa yang dikerjakan akan mendapat pahala amin.

No comments:

Post a Comment